Pekerjaan yang saya lakukan selama PSG ada beberapa
seperti : maintenance MSAN, Setting modem, sales, cek payment pada PCT-0, dan lain-lain. Dari
semua kegitan tersebeut, saya bataskan 1 bahasan untuk dijadikan laporan dan
itu yang paling sering saya kerjakan, yaitu cek i-payment
pada PCT-0 :
Pekerjaan
yang saya lakukan adalah pengecekan atau untuk memeriksa tagihan pelanggan yang
tunggakannya melebihi 1 bulan, di Kantor Telkom Banjarbaru. Pertama-tama
saya datang ke kantor pada pukul 09.00, setelah sampai di kantor saya langsung
memasuk ruangan OBC (outboncall), sesampainya
di ruangan obc saya menyalakan pc kantor kemudian saya memasukan user dan password pada pc tersebut, kemudian saya membuka avant browser. Avant browser adalah sebuah web yang di
gunakan petugas OBC untuk membuka aplikasi i-payment,
kemudian saya melakukan cek payment pada PCT-0. Biasanya pengecekan i-payment dilakukan dua kali, pada Pagi
dan Sore.
Kemudian
saya mengetik alamat web yaitu dengan alamat "ipayment.telkom.co.id". Setelah itu saya login pada aplikasi
tersebut lalu memasukan username dan password pada aplikasi tersebut yang
telah diberitau pada pembimbing saya. kemudian muncul beberapa kolom sebagai
berikut :
Table
3.1 Menu search I-payment
1) nomor jastel :
2)
nama penanya :
3)
alamat penanya :
4) nomor telpon penanya :
Nomor
jastel berisikan nomor speedy pengguna speedy, kemudian pada kolom 2,3,4 hanya
diisikan dengan tanda stripe ( - ). Setelah itu pada kolom nomor 1 di isikan
dengan nomor speedy yang ada pada work
order. Workorder sendiri di dapat kan dari pusat lalu dikirim melalui email pada agen atau petugas, work order biasa dikirim dari pusat
(telkom banjarmasin) pada tanggal 10 ataupun tanggal 11. Pengecekan pun akan
dilakukan setelah work order keluar
biasanya pengecekan dilakukan pada tanggal 11 hingga akhir bulan.
1.
Buka
work orderGambar
Gambar
3.1 Step 1
2. Klik
status untuk merubah keterangan menjadi Unpaid
Gambar 3.2 Step 2
3. Petugas
akan mengecek pelanggan yang berstatus Unpaid
4. Membuka
Avant browser dan membuka situs ipayment
Gambar
3.4 Step 4
5. Login
pada ipayment kemudian memasukan user
dan password
Gambar 3.5 Step 5
6. Memasukan
id speedy pelanggan pada kolom “nomor
jastel”
Gambar
3.6 Step 6
7. Klik button search
Gambar
3.7 Step 7
8.
Keluar
menu seperti berikut:
Gambar 3.8 Step 8
kete keterangan
: Jika status pembayaran pada payment belum lunas maka
keterangan
pada status work order tidak perlu
diganti dan jika
status pembayaran pada payment lunas maka keterangan status
pada work order diganti
menjadi paid.
Gambar 3.9 Step 9
0 comments:
Post a Comment