Thursday, 30 October 2014

PEKERJAAN YANG DILAKUKAN I-payment

 Pekerjaan yang saya lakukan selama PSG ada beberapa seperti : maintenance MSAN, Setting modem, sales, cek payment pada PCT-0, dan lain-lain. Dari semua kegitan tersebeut, saya bataskan 1 bahasan untuk dijadikan laporan dan itu yang paling sering saya kerjakan, yaitu cek i-payment pada PCT-0 :
           Pekerjaan yang saya lakukan adalah pengecekan atau untuk memeriksa tagihan pelanggan yang tunggakannya melebihi 1 bulan, di Kantor Telkom Banjarbaru. Pertama-tama saya datang ke kantor pada pukul 09.00, setelah sampai di kantor saya langsung memasuk ruangan OBC (outboncall), sesampainya di ruangan obc saya menyalakan pc kantor kemudian saya memasukan user dan password pada pc tersebut, kemudian saya membuka avant browser. Avant browser adalah sebuah web yang di gunakan petugas OBC untuk membuka aplikasi i-payment, kemudian saya melakukan cek payment pada PCT-0. Biasanya pengecekan i-payment dilakukan dua kali, pada Pagi dan Sore.
            Kemudian saya mengetik alamat web yaitu dengan alamat "ipayment.telkom.co.id". Setelah itu saya login pada aplikasi tersebut lalu memasukan username dan password pada aplikasi tersebut yang telah diberitau pada pembimbing saya. kemudian muncul beberapa kolom sebagai berikut :
Table 3.1 Menu search I-payment
1) nomor jastel                        :
2) nama penanya                     :
3) alamat penanya                   :
4) nomor telpon penanya        :
            Nomor jastel berisikan nomor speedy pengguna speedy, kemudian pada kolom 2,3,4 hanya diisikan dengan tanda stripe ( - ). Setelah itu pada kolom nomor 1 di isikan dengan nomor speedy yang ada pada work orderWorkorder sendiri di dapat kan dari pusat lalu dikirim melalui email pada agen atau petugas, work order biasa dikirim dari pusat (telkom banjarmasin) pada tanggal 10 ataupun tanggal 11. Pengecekan pun akan dilakukan setelah work order keluar biasanya pengecekan dilakukan pada tanggal 11 hingga akhir bulan.



1.    Buka work orderGambar

 









Gambar 3.1 Step 1

2.    Klik status untuk merubah keterangan menjadi Unpaid
 








  
Gambar 3.2 Step 2

3.    Petugas akan mengecek pelanggan yang berstatus Unpaid

 








 
           Gambar 3.3 Step 3



4.    Membuka Avant browser dan membuka situs ipayment

 








  
Gambar 3.4 Step 4

5.    Login pada ipayment kemudian memasukan user dan password

 









 Gambar 3.5 Step 5



6.    Memasukan id speedy pelanggan pada kolom “nomor jastel” 

 





Gambar 3.6 Step 6

7.    Klik button search
 





 Gambar 3.7 Step 7




8.    Keluar menu seperti berikut:
 








  

Gambar 3.8 Step 8
kete               keterangan : Jika status pembayaran pada payment  belum lunas maka
                     keterangan pada status work order tidak perlu diganti dan jika
                  status pembayaran pada payment lunas maka keterangan status pada work order diganti
                    menjadi paid.











  

Gambar 3.9 Step 9

0 comments:

Post a Comment